Translate

Minggu, 05 Januari 2014

Posted by Unknown
No comments | 8:53:00 AM

Pertanian Organik


Pertanian organik adalah metode bercocok tanam dan produksi ternak dengan jalan tidak menggunakan pestisida, pupuk, organisme hasil rekayasa genetika, antibiotik dan hormon pertumbuhan. Produksi organik adalah sistem holistik yang dirancang untuk mengoptimalkan produktivitas dan kebugaran masyarakat yang beragam dalam agro - ekosistem, termasuk organisme tanah, tanaman, hewan ternak dan manusia. Tujuan utama dari produksi organik adalah untuk mengembangkan usaha yang berkelanjutan dan harmonis dengan lingkungan. 

Prinsip-prinsip umum produksi organik, dari Standar Organik Kanada ( 2006), adalah sebagai berikut:
  1. Aman bagi lingkungan, meminimalkan degradasi tanah dan erosi, mengurangi polusi, mengoptimalkan produktivitas biologi dan mempromosikan keadaan suara kesehatan.
  2. Mempertahankan kesuburan tanah jangka panjang dengan mengoptimalkan kondisi untuk aktivitas biologis di dalam tanah.
  3. Mempertahankan keanekaragaman hayati dalam ekosistem.
  4. Bahan daur ulang dan sumber daya untuk memaksimalkan produksi dalam perusahaan.
  5. Memberikan kepedulian yang mempromosikan kesehatan dan memenuhi kebutuhan konsumsi.
  6. Menyiapkan produk-produk organik, mengutamakan proses yang aman, dan metode penanganan untuk menjaga integritas organik dan kualitas dari produk di semua tahapan produksi.
  7. Bergantung pada sumber daya terbarukan dalam sistem pertanian yang diselenggarakan secara lokal.
Pertanian organik mempromosikan penggunaan rotasi tanaman dan cover crop, dan mendorong hubungan host / predator seimbang. Residu organik dan nutrisi yang diproduksi di pertanian yang didaur ulang kembali ke dalam tanah. Cover crop dan pupuk kompos yang digunakan untuk mempertahankan bahan organik tanah dan kesuburan. Serangga atau musuh alami dan pengendalian penyakit secara preventif dipraktekkan, termasuk rotasi tanaman, perbaikan genetika dan varietas tahan. pengendalian hama dan gulma secara terpadu, dan sistem konservasi tanah adalah cara yang dilakukan pada pertanian organik. 

Pestisida organik disetujui meliputi yang  "natural " atau produk pengelolaan hama lain yang termasuk dalam Daftar Zat diijinkan atau Permitted Substances List (PSL) dari standar organik (the organic standards) The Permitted Substances List berupa daftar yang diizinkan untuk digunakan sebagai pestisida dalam pertanian organik. Semua biji-bijian, sayuran dan suplemen protein untuk pangan ternak harus tumbuh secara organik.Standar organik umumnya melarang produk rekayasa genetika dan kloning hewan, pestisida sintetis, pupuk sintetis, limbah lumpur, obat-obatan sintetis, makanan dan bahan-bahan sintetis, dan radiasi pengion. Produk dan praktek-praktek yang dilarang tidak boleh digunakan pada pertanian organik bersertifikat untuk setidaknya tiga tahun sebelum panen dari produk-produk organik bersertifikat. Ternak harus dinaikkan secara organik dan makan 100 persen organik bahan pakan.

 Pertanian organik menyajikan banyak tantangan beberapa tanaman yang lebih sulit daripada yang lain untuk tumbuh secara organik, namun, hampir setiap komoditas dapat diproduksi secara organik.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.